Cara Pembelajaran Praktikum Efektif Secara Daring

Sehingga kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan ini memperoleh nilai rata-rata sebesar four,four dari skala tertinggi 5. di masa pandemi Covid-19 ini, Pendidikan kita harus siap melakukan pembelajaran daring bagi semua siswa, orang tua dan oleh semua guru. Tidak bisa dipungkiri peran orang tua dan guru menjadi hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar dari rumah ini, orang tua harus bisa menyediakan waktu, fasilitas dan memotivasi agar anak-anak yang masih SD tetap semangat menjalani keadaan baru ini. Kita juga harus bersyukur karena di jaman sekarang media dan web sangat mudah diakses oleh masyarakat trendy dimanapun dan kapanpun. dan hendaknya kita harus terus menyesuaikan diri dengan keadaan baru seperti saat ini dan selalu melakukan sosial distancing agar virus ini tidak terus menyebar dan kita semua dapat kembali hidup normal. Teknologi pendidikan dapat menciptakan pembelajaran tetap berjalan baik serta mendukung pemerintah dalam upaya menjaga bodily distancing sesuai protokol kesehatan.

Untuk mendukung proses pembelajaran secara daring ini perlu adanya kesiapan Sumber Daya Manusia , dalam hal ini adalah guru, siswa dan juga orang tua. Guru sendiri perlu melakukan perombakan dalam hal Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang sesuai dengan kondisi di masa pandemi serta semua SDM pun dituntut agar melek teknologi agar mampu memanfaatkan teknologi yang ada. Dengan dihapuskannya Ujian Nasional, belajar di rumah melalui aplikasi tertentu, kuliah daring, bimbingan dan seminar daring merupakan contoh pelayanan bidang pendidikan yang mempercepat penerapan Pendidikan period Revolusi four.zero. Bagaimana tidak baik pengajar maupun peserta didik dipacu untuk memahami setidaknya penggunaan teknologi digital. Di sisi lain peserta didik juga dipaksa untuk mengeksplor teknologi dan informasi dan menyalurkan kreatifitasnya melalui inovasi-inovasi dalam tugas-tugas yang diberikan. Hikmah selanjutnya yaitu penggunaan media seperti handphone atau gadget, dapat dikontrol untuk kebutuhan belajar anak.

Untuk pembelajaran secara sinkronus guru juga memanfaatkan media Google Meet, Zoom Cloud Meeting, Cisco Webex dan lain sebagainya. Saat ini banyak sekali sumber belajar online serta konten ilmu yang terdapat di internet. Sedangkan terkait solusi jangka panjang, pemerintah harus membentuk kesadaran literasi media masyarakat. Hal ini tentunya berlaku tidak hanya ketika menghadapi wabah COVID-19, tetapi juga dalam berbagai situasi serupa. Kemajuan teknologi informasi yang pesat nampaknya belum siap disambut masyarakat Indonesia. Berbekal pengetahuan yang minim, masyarakat Indonesia cenderung mudah menerima informasi apapun yang datang padanya.

Jika hal tersebut terjadi maka beban seorang pegawai perempuan untuk bekerja di rumah lebih berat jika dibandingkan dengan pegawai laki-laki. Upaya Pemmerintah memberikan bantuan sosial agar terpenuhinya semua kebutuhan ekonomi bagi masyarakat yang terkena dampak virus covid-19 ternyata masih dirasa belum optimum. Sehingga banyak masyarakat yang berpikir bahwasannya bantuan sosial yang dilakukan tidak dan belum tepat sasaran dan Pemerintahpun mengakui masalah tersebut, sampai saat ini kemensos dan pihak pemda masih memperbaharui information agar tepat sasaran.

Memanfaatkan keadaan Covid

Dalam prosesnya, bisnis digital justru menjadi solusi bagi sebagian besar masyarakat untuk keluar dari persoalan, bahkan dapat mendorong masyarakat untuk keluar dari masa krisis. Hal ini yang membuat bisnis di industri pendidikan dan pelatihan lebih mampu bertahan saat perekonomian dalam kondisi yang buruk. Intinya, diperlukan integritas dalam jiwa setiap pelaku usaha sehingga muncul peluang untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Tak hanya itu, bisnis di sektor makanan dan minuman juga dianggap membutuhkan modal yang relatif kecil, tenaga kerja yang tak terlalu banyak, namun dengan margin laba yang besar dan perputaran arus kas yang cepat.

Pitty