3 Ideas Bisnis Dengan Memanfaatkan Teknologi Di Masa Pandemi Covid

Pengamat sektor perikanan yang juga Direktur Eksekutif Pusat Kajian Maritim untuk Kemanusiaan Abdul Halim, menyatakan keinginan mendorong ekspor perikanan di tengah pandemi, harus mempertimbangkan kebutuhan domestik. “Pemerintah selalu hadir untuk menjaga mutu dan keamanan hasil perikanan, layanan penerbitan SKP kita juga tetap optimum, sampai tanggal 12 Mei 2020 ini sudah terbit 1.011 SKP,” kata Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP Nilanto Perbowo. Mengenai perdagangan international, KKP juga memastikan terus menjaga mutu dan keamanan termasuk komoditas kelautan dan perikanan, mengingat ekspor perikanan masih meningkat di tengah pandemi COVID-19. Maka itu, ia mengatakan, harus ada tata kelola yang ketat untuk kapal asing maupun investasi asing di sektor kelautan dan perikanan agar keberlangsungan ekonomi di sektor itu tetap terjaga. Slamet mengajak pula masyarakat pembudidaya untuk melakukan budidaya rumput laut dengan cara yang benar sesuai dengan SOP yang ada sehingga akan dihasilkan produk rumput laut dengan kandungan agar atau karagenan atau alginate yang bagus. Ia mengutarakan harapannya agar aktivitas ekspor rumput laut akan turut menyumbang devisa di tengah dampak ekonomi akibat COVID-19 yang mempengaruhi kinerja ekonomi nasional.

Hal ini bertujuan agar para anak didik menjadi lebih tangguh dalam menghadapi kondisi seperti saat ini. Dalam melakukan pembelajaran on-line guru pun harus merencanakan dengan efektif keterbatasan waktu yang dimilikinya dalam menyampaikan materi. Dalam hal ini, guru dapat mempersiapkan high quality lesson plan dan mengatur beberapa langkah pembelajaran yang lebih spesifik. Bhima menyebut kondisi ini menggambarkan pemerintah tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk mengawasi pengusaha dalam menyelesaikan persoalan hubungan industrial. Ini terjadi karena buruh dan pengusaha dibiarkan melakukan negosiasi sendiri tanpa adanya peran aktif pemerintah, padahal saat ini buruh memiliki nilai tawar yang sangat rendah. Dengan mengetahui sasaran pasarnya terlebih dahulu, karena penduduk Indonesia sangat lekat dengan sifat konsumtifnya.

Memanfaatkan keadaan Covid

Berbagai hoaks yang terlalu sering beredar seringkali meningkatkan ketakutan atau bahkan menimbulkan rasa acuh tak acuh masyarakat akan bahayanya virus ini. Pengalaman Indonesia mengadapi krisis selalu dibarengi dengan kontroversi kebijakan dan moral hazard yang memanfaatkan situasi dan mengorbankan negara dan masyarakat. Saat ini, lahirnya Perpu No.1/2020, yang kontroversi akibat berisi pasal yang membebaskan KKSK dan jajarannya dari peluang tuntutan pidana dan perdana kembali menjadi pertanyaan besar. Bayang-bayang Kasus BLBI dan Kasus Century kembali menghantui masyarakat, sebagai kelompok yang akan menanggung akibatmya. Covid-19 telah membawa Indonesia memasuki krisis multidimensi, yang berpeluang jauh lebih besar dari krisis ekonomi world tahun 2008 atau bahkan dari krisis Asia tahun 1998. Sebaliknya di desa-desa yang mengandalkan perkebunan dan pertanian tidak mengalami situasi krisis sehebat di perkotaan.

Sistem pembelajaran dilaksanakan melalui perangkat private laptop atau laptop computer yang terhubung dengan koneksi jaringan internet. Guru dapat melakukan pembelajaran bersama diwaktu yang sama menggunakan grup di media sosial seperti WhatsApp , telegram, instagram, aplikasi zoom ataupun media lainnya sebagai media pembelajaran. Dengan demikian, guru dapat memastikan siswa mengikuti pembelajaran dalam waktu yang bersamaan, meskipun di tempat yang berbeda. Alhamdulillah, pemerintah memeberikan bantuan kuota belajar untuk guru sebagai sarana mengajar secara daring meski tidak sepenuhnya sejak awal pandemi. Yang terbaru ditanggal 20 November 2020, pemerintah memberikan bantuan subsidi upah bagi guru yang berpenghasilan dibawah lima juta.

Selain penggunaan digital platform, pada tahap ini pemanfaatan information memegang peranan yang sangat penting. Karenanya, ia menilai jika proses pengolahan dan analisis data dilakukan dengan benar, maka bisnis atau perusahaan akan mendapatkan pengetahuan yang nantinya dapat diolah menjadi sebuah solusi yang tepat sasaran untuk konsumen. Naiknya belanja iklan digital secara signifikan, memperlihatkan bahwa pemain bisnis menanggapi kondisi ini dan beradaptasi dengan cepat. Perusahaan juga menyesuaikan pengelolaan pesan dan pendekatan kreatif agar relevan dengan situasi yang dihadapi konsumen, serta platform komunikasi yang digunakan yakni secara digital. Sementara itu, Anggota Tim Reviewer TIA 2020, Irvan Rahardjo mengungkapkan, penilaian terhadap asuransi saat ini berguna mengingat ketidakpastian akibat pandemi saat ini berakibat pada kontraksi ekonomi nasional, bahkan sudah mengarah pada resesi.

Baik pada masa normal maupun saat krisis , masyarakat tetap membutuhkan jasa layanan kesehatan dan produk kesehatan sebagai salah satu kebutuhan yang krusial untuk tetap bertahan hidup. Rasa cemas dan panik tentu mendarat di hati para pelaku bisnis ketika krisis ekonomi menyebar di hampir seluruh negara di dunia akibat COVID-19. Disamping itu, menurut sebagian besar pelaku usaha, sistem pemasaran daring dinilai sangat menguntungkan, karena dapat mengurangi biaya transaksi bisnis dan dapat memperbaiki kualitas pelayanan terhadap konsumen . Di tengah wabah corona ini, para pengusaha berjuang untuk tetap mempertahankan bisnis mereka agar tetap bisa berjalan. Ada banyak kendala yang harus dihadapi, seperti arus kas yang tersendat dan pengelolaan keuangan yang terganggu.

Pitty