7 Penyebab Bayi Tidak Nafsu Makan

Dalam web site ini, tersedia berbagai referensi, rekomendasi, dan informasi seputar kesehatan anak lainnya yang selalu updated. Bunda bisa ajak si Kecil berdiskusi tentang menu makanan yang diinginkan, lalu buat variasi menu dalam sebulan. Tampilannya juga bisa dibuat menarik dengan bentuk-bentuk yang lucu ataupun warna yang cerah. Lebih baik lagi jika mengajar mereka dengan memberikan berbagai varian buah dan sayur.

Cara agar anak mau makan banyak

Alergi terhadap jenis makanan tertentu bisa menyebabkan anak tidak mau makan. Gejala alergi terhadap makanan tertentu biasanya ditunjukan dengan munculnya bintik-bintik atau gatal-gatal. Selanjutnya hal yang bisa menjadi penyebab anak susah makan atau tidak mau makan adalah anak belum lapar. Memenuhi kebutuhan nutrisi anak balita yang sulit makan bisa menjadi stres tersendiri bagi orang tua. Meski begitu, hindari cara pemaksaan karena cara ini dipercaya hanya berhasil dalam jangka pendek, namun tidak jangka panjang.

Salah satu penyebab anak yang kurang nafsu makan ialah kuman yang ada di saluran pencernaan. Perasan lemon merupakan cairan alami yang baik untuk detoksifikasi. Segelas jus lemon akan membunuh semua kuman dan racun dalam tubuh.

sembelit adalah kondisi dimana sistem pencernaan mengalami kelainan sehingga tinja mengalami pengerasan. Orang yang mengalami sembelit biasanya akan mengalami rasa sakit pada perut, sembelit juga membuat seseorang tidak mau makan. Untuk mengatasi sembelit anda bisa memijat perut anak anda atau menyarankan untuk meminun air yang banyak. Mereka yang suka makanan tersebut tentu cenderung menolak buah dan sayur, makanya kita harus pelan-pelan makanan yang tinggi gula MSG dikurangi.

Tanda stres ini biasanya juga disertai dengan kesulitan tidur yang mereka alami. Sangat penting untuk mengetahui penyebab stres ini dan menemukan pemecahan masalahnya. Hal ini karena anak belum terbiasa dan baru menganl bahan makan yang mereka makan.

Bila tidak sempat makan pagi, sebaiknya seorang ibu memberikan bekal makanan atau snack berat , misalnya pastel goreng, mie goreng, atau nasi dan lauk. Untuk makan siang biasanya lebih bervariasi, karena waktunya tidak terbatas. Begitu juga dengan makan malam yang merupakan saat menyenangkan untuk berkumpul bersama keluarga. Seiring waktu, nafsu makan dan perilaku makan si Kecil akan menjadi perlahan membaik. Si Kecil akan menemukan sesuatu yang ia sukai dalam berbagai makanan sehat tanpa banyak dorongan dari Ibu. Hindari makanan yang dapat menyebabkan si Kecil tersedak, seperti anggur utuh, sosis yang besar, permen bulat dan keras, maupun kacang tanah.

Pitty